Punggung Bambu (PB) atau nama kerennya Bamboo Spine atau istilah medisnya Ankylosing Spondylitis adalah suatu penyakit kronis yang menyebabkan peradangan pada sendi tulang belakang, dan sendi antara tulang belakang dan panggul. Hal ini akhirnya menyebabkan tulang-tulang belakang jadi menyatu.

Faktor Penyebab dan Pencetus PB

Faktor penyebab PB belum diketahui dengan jelas, namun nampaknya faktor keturunan lebih banyak berperan.

Penyakit ini paling sering dimulai antara usia 20 dan 40, tetapi mungkin juga dimulai sebelum usia 10. Penyakit ini lebih banyak laki-laki dari pada perempuan.

Faktor risiko meliputi:

  • Riwayat keluarga PB
  • Laki-laki

Gejala

Penyakit ini dimulai dari nyeri punggung bawah yang hilang timbul. Nyeri dan kekakuan lebih buruk pada malam hari, di pagi hari, atau ketika tidak ada aktifitas. Hal itu dapat mengganggu tidur. Rasa sakit biasanya akan lebih berkurang setelah beraktivitas atau berolahraga. Sakit punggung mungkin dimulai dari sendi panggul dan tulang. Kemudian merambat mungkin sampai keseluruh atau sebagian tulang belakang.

Kemungkinan akan mengurangi kelincahan dalam gerak atau mobilitas di tulang belakang. Tidak dapat mengembangkan dada secara lebar ini karena sendi antara tulang rusuk ikut bergerak. Kelelahan juga merupakan gejala yang umum.

Gejala yang kurang umum antara lain:

  • Peradangan Mata
  • Nyeri pada tumit
  • Nyeri dan kekakuan pada panggul
  • rasa nyeri pada sendi dan bengkak pada sendi bahu, lutut, dan pergelangan kaki
  • Kehilangan nafsu makan
  • Sedikit demam
  • Berat badan berkurang

Tanda-tanda dan tes

Pengujian dapat meliputi:

  • CBC
  • ESR
  • HLA-B27 antigen
  • X-ray dari tulang belakang dan panggul

Pengobatan Kedokteran Barat

Menurut bebera kolega Dokter yang ikut berpraktik di Klinik, penderita PB dapat menggunakan obat anti-inflammasi (NSAIDs) untuk mengurangi peradangan dan nyeri.

Kortikosteroid atau obat untuk menekan sistem kekebalan tubuh. Obat yang disebut TNF-inhibitor, yang menghalangi sebuah protein inflamasi, telah terbukti meningkatkan gejala PB.

Beberapa dokter memakai obat yang menghambat pertumbuhan sel (obat sitotoksik) pada orang yang tidak merespon dengan baik untuk kortikosteroid atau yang tergantung pada dosis tinggi kortikosteroid.

Pembedahan mungkin dilakukan jika sakit atau sendi kerusakan parah.

Pengobatan Kedokteran Timur (TCM)

Menurut Metodelogi pengobatan Timur (TCM) penyakit PB ini diakibatkan karena kekurangan enegry dasar Ginjal, Yang Ginjal yang lemah, terserang angin lembab dingin, dan sumbatan qi dan darah.

Dengan penjaruman akupunktur di titik akupunktur yang dapat mempengaruhi kekuatan Yang Ginjal, melancarkan qi dan darah. Dengan tindakan akupunktur diharapkan dapat mengurangi kekakuan pada sendi tulang belakang dan menambah stamina tubuh.

Penggunaan Herbal Tiongkok sangatlah direkomendasi sehingga dapat mengusir lembab dingin yang menyerang tulang serta melancarkan qi dan darah.

Latihan dan Fisioterapi dapat membantu memperbaiki postur tubuh dan pernapasan. Dengan berbaring rata di bagian belakang dapat membantu mempertahankan postur normal pada  malam hari.

Harapan (prognosis)

Perjalanan penyakit tidak dapat diprediksi. Gejala dapat datang dan pergi setiap saat. Kebanyakan pasien dapat atau mampu bergerak walau masih ada keterbatasan pada pinggul / pundak.

Komplikasi

Dalam kasus yang jarang terjadi, beberapa orang pasien  mungkin memiliki masalah dengan katup jantung aorta (insufisiensi aorta) dan masalah irama jantung. Beberapa pasien mungkin memiliki fibrosis pada paru atau penyakit  gangguan paru-paru.

Pencegahan

Tidak diketahui bagaimana cara pencegahan terjadinya PB. Pengetahuan tentang faktor terjadinya risiko PB memungkinkan mendeteksi lebih dini dan penanggulangannya. Segeralah berkonsultasi pada dokter Anda atau akupunkturis Anda apabila gejala tersebut diatas itu terasa. Atau dapat berkonsultasi pada klinik-klinik dimana penulis berpraktik.

@dsoeng